Minggu, 26 Juni 2011

Modul Bahasa IND KLS 3

TEMA 1 • Mendengarkan Cerita • Membaca Nyaring A. Mendengarkan Cerita Anak-anak, tentu kalian suka mendengar atau membaca cerita anak. Pada kegiatan kali ini, kamu diajak mendengarkan cerita. Tiga orang temanmu akan maju ke depan kelas. Mereka akan membacakan sebuah cerita secara bergantian. Anak yang lain mendengarkan cerita itu. Jangan lupa, siapkan pensil dan kertas. Tulis hal-hal yang yang berhubungan dengan: nama tokoh,watak tokoh, tempat kejadian, peristiwa yang dialami tokoh. Setelah mendengarkan, kamu diharapkan dapat menyebutkan nama-nama tokoh dan wataknya, serta mengomentari tokohtokoh dalam cerita anak yang kamu dengar. Dengarkanlah dengan saksama cerita anak berikut! 1. Mendengarkan Cerita Anak 2. Menyebutkan Nama Tokoh dan Wataknya Tokoh adalah pelaku dalam cerita. Contoh: tokoh dalam cerita “Pendekar Takut Air” adalah Ozi. Watak adalah sifat yang dimiliki oleh pelaku cerita. Contoh: Watak Ozi adalah pemalas. Siapa saja tokoh dalam cerita “Pendekar Takut Air”. Bagaimana watak tokoh tersebut! NO NAMA TOKOH WATAK 1. Ozi tidak patuh pada orang tua 2. 3. 4. 3. Memberi Komentar Tokoh Cerita Anak Malas adalah kebiasaan yang tidak baik. Orang yang malas akan rugi. Seperti tokoh Ozi, dia malas mandi. Dia lebih memilih bermain daripada mandi. Apa yang terjadi? Dia tidak sempat sarapan. Akhirnya, dia pingsan. Nah, kamu tidak boleh seperti Ozi! Jika ingin menjadi anak yang berhasil, disiplinlah! Kegiatan kita selanjutnya adalah memberi komentar tokoh cerita anak. Tentu kamu sudah sering memberi komentar, misalnya terhadap teman yang rajin, teman yang pandai, teman yang pemalas, dan sebagainya. Apa yang kamu katakan jika temanmu terlambat masuk sekolah? Apa yang kamu katakan jika temanmu menjadi juara membaca puisi? Itu semua adalah komentar. Jadi, kamu sudah sering melakukannya bukan? Sekarang, berikan komentar terhadap tokoh dalam cerita. Komentar dapat berupa saran untuk watak si tokoh yang kurang baik. Sebaiknya Ozi memperbaiki kebiasaan yang tidak baik, yaitu malas mandi. Seorang anak yang malas mandi akan rugi. Badan anak itu akan bau dan tidak sehat. Agar selalu bersih dan sehat, sebaiknya Ozi rajin mandi. B. Membaca Nyaring Membaca nyaring adalah membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat. Apa itu lafal dan intonasi? Lafal adalah cara pengucapan kata atau kalimat. Intonasi adalah lagu dalam mengucapkan kalimat. Selain lafal dan intonasi, kamu juga perlu memperhatikan jeda. Jeda adalah penghentian sementara dalam membaca. Jeda ada dua macam. Jeda pendek dipakai saat bertemu tanda koma. Jeda panjang dipakai saat bertemu tanda titik, tanya, atau seru. 1. Membaca dan Memahami Bacaan Dalam membaca bersuara, kamu harus dapat menempatkan jeda dengan tepat. Untuk menempatkan jeda, kamu perlu memahami isi bacaan. Pahamilah maksud dari bacaan. Setelah itu, berilah tanda jeda pada setiap kalimatnya. Jeda pendek diberi tanda / Jeda panjang diberi tanda // Contoh: Amir /adik Dina dan Sofia// Berarti Amir adalah adik dari Dina dan Sofia. Bacalah bacaan berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!  Jawablah pertanyaan- pertanyaan dibawah ini berdasarkan bacaan di atas dengan jawaban yang tepat! 1. Di mana jambu mete pertama kali ditemukan? Jawab:……………………………………………………………………………………….. 2. Siapa Negara penghasil jambu mete terbasar? Jawab:……………………………………………………………………………………….. 3. Dimana tempat berkembangnnya jambu mete? Jawab:……………………………………………………………………………………….. 4. Sebutkan bangsa yang menyebarkan jambu mete? Jawab:……………………………………………………………………………………….. 5. Bagaimana cara berkembangnya jambu mete? Jawab:……………………………………………………………………………………….. C. UJI KOMPETENSI! I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang tepat! 1. Widi gemar (tanam) bunga. Kata dalam kurung seharusnya….. a. Bertanam c. Menanam b. Ditanam d. Tertanam 2. Lagu kalimat dalam membaca adalah….. a. Lafal b. Intonasi c. Jeda d. Tekanan 3. Ucapan dalam membaca nyaring disebut….. a. Lafal b. Intonasi c. Jeda c. Tekanan 4. Nama negara ditulis dengan huruf ….. a. Kecil b. Balok c. Capital d. Tegak bersambung 5. Bu Tani- di sawah- padi- memanen Urutan kalimat yang benar adalah….. a. Bu Tani di sawah padi memanen b. Bu Tani memanen padi di sawah c. Bu Tani di sawah memanen padi d. Di sawah memanen padi Bu Tani II Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat! 1. a.Setelah kamarnya bersih, ia mandi dan bersiap- siap ke sekolah b. Kemudian nina membersihkan kamarnya c. Ia menyapu dan mengepel lantai kamarnya sendiri d. Pagi- pagi Nina bangun Susunan paragraf yang tepat dari kalimat- kalimat acak di atas adalah……………….. ………………………………………………………………………………………... 2. Tanda apa yang dipakai pada akhir kalimat………………………………………… 1. BERBICARA A. Memberi Tanggapan dan Saran Pernahkah kamu melihat tumpukan sampah di jalan? Atau melihat got yang tersumbat sampah? Bertumpuknya sampah adalah akibat kebiasaan buruk manusia. Mereka sering membuang sampah tidak pada tempatnya. Kebiasaan buruk itu mengakibatkan sampah bertumpuk. Itu dapat menyebabkan banjir. B. Membaca untuk Mencari Masalah Bacalah teks di bawah ini dan temukan masalah di dalamnya! Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai dengan bacaan! 1. Apa kebiasaan Noki? 2. Apakah kebiasaan Noki baik? Mengapa? 3. Mengapa Nika menasihati Noki? 4. Apa yang terjadi pada Noki akibat kebiasaannya? C. Belajar Memberi Tanggapan dan Saran Kegiatan selanjutnya adalah memberi tanggapan dan saran terhadap suatu masalah. Kamu sudah membaca bacaan di atas. Kamu juga sudah menjawab pertanyaan-pertanyaannya. MASALAH Apakah kamu menemukan masalah dalam bacaan? Apa masalahnya? Ya, masalahnya membuang sampah sembarangan. TANGGAPAN Kebiasaan buruk Noki tidak baik. Kebiasaan itu dapat merugikan Noki. Dia terpeleset kulit pisang di taman. SARAN Noki harus membiasakan hidup sehat. Dia harus belajar membuang sampah pada tempatnya. Berilah tanggapan dan saran terhadap masalah-masalah di bawah ini! 1. Pohon-pohon di hutan banyak ditebang oleh orang-orang. Mereka menebang untuk kepentingan pribadi. Akhirnya, hutan menjadi gundul. Tanggapan saya .......................................................................................................................................................................................................................................................................... Saran saya .......................................................................................................................................................................................................................................................................... 2. Soni suka mencorat-coret tembok. Suatu hari, dia membawa spidol dan mencoret tembok kelas. Tanggapan saya .......................................................................................................................................................................................................................................................................... Saran saya .......................................................................................................................................................................................................................................................................... 3. Dona suka berteriak-teriak. Padahal, dia mempunyai adik bayi. Tanggapan saya .......................................................................................................................................................................................................................................................................... Saran saya .......................................................................................................................................................................................................................................................................... 4. Saprol suka mendengarkan musik rok. Dia selalu memutar musik dengan suara paling keras. Tanggapan saya .......................................................................................................................................................................................................................................................................... Saran saya ................................................................................................................................................................................................................................................................................... D. Menanggapi Masalah di Sekitar Lihatlah di sekitar tempat tinggalmu! Adakah hal-hal yang perlu dirapikan? Misalnya, tumpukan sampah di halaman rumah, tembok yang penuh coretan, atau rumput yang sudah tinggi. MASALAH TANGGAPAN SARAN 1. tumpukan sampah di pinggir jalan Orang membuang sampah di jalan karena tidak ada tempat sampah. Pinggir jalan itu harus diberi tempat sampah 2. ...................... ........................................ ............................................. 3. ...................... ........................................ ............................................. 4. ...................... ........................................ ............................................ 5. ...................... ........................................ ............................................ Daftarlah masalah-masalah yang kamu temukan! Berilah tanggapan dan saran! Perhatikan gambar di bawah ini! Berilah tanggapan dan saran secara lisan di depan kelas! Tugas Rumah 1. Pergilah ke salah satu tempat wisata di daerahmu! Carilah sebuah masalah yang ada di sana! 2. Berilah tanggapan dan saran terhadap masalah yang kamu temukan! 1. MENULIS A. Menulis Puisi Berdasarkan Gambar Menulis puisi tidaklah sulit. Puisi terdiri dari kata-kata indah. Kamu perlu banyak berlatih untuk memilih kosakata yang indah atau sesuai. Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikan kata-kata dengan suasana puisi. Apakah puisi yang akan kamu tulis bernuansa kesedihan atau kegembiraan. Coba kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini! Kamu pernah melihat kupu- kupu? Indah bukan? Keindahan seperti itu bisa dibuat puisi. Di bawah ini, ada sebuah gambar matahari terbenam. Amatilah gambar tersebut dengan saksama! Kemudian, buatlah kalimat-kalimat sederhana yang sesuai dengan gambar yang kamu lihat! 1. Mengamati Gambar Kupu Kupu Terbanglah jauh meninggi Di langit yang….. (biru) Dengan sayapmu yang indah Kupu Kupu Cantiknya ……(sayapmu) Membuat orang orang terpesona Padamu,Kupu Kupu Kupu Kupu Sayapmu lembut menggelikan Corak warnanya….. (berwarna warni) Indah sekali sayapmu,wahai Kupu Kupu Kupu Kupu Terbanglah jauh……. (tinggi) di langit membiru Oh,Kupu Kupu.. BUNGA Indah warnamu bunga Harum….. …..yang indah …..bentukmu kumbang selalu Bunga ..... Kau bagaikan sang….. aku ingin….. Yang selalu tersenyum sepanjang untuk….. di kamarku ….. C.UJI KOMPETENSI! I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang tepat! 1. … bersinar menerangi alam. Kata yang tepat untuk melengkapi puisi di atas adalah … a. Bulan c. bintang b. Bintang d. pelangi 2. Dengan berolahraga secara…badan kita menjadi sehat. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah… a. Ringan c. teratur b. Cepat d. berat 3. Lapangan olahraga digunakan untuk berjualan. Tanggapan yang tepat untuk masalah di atas adalah… a. Berjualan di lapangan akan mengganggu orang yang berolahraga. Sebaiknya, berjualan di pasar. b. Menyenangkan sekali! Jadi kalau saya ingin jajan, dekat. c. Lebih baik memang berjualan dilapangan, lebih laku. d. Berjualan boleh dimana saja, yang penting laku. 4. Gambar disamping menceritakan tentang anak yang sedang…. a. Menulis c. membaca b. menyanyi d. memasak 5. Ayah mengetahui kegemaran anaknya. Mengetahui kata dasarnya….. a. Ketahui c. ngetahui b. Tahu d. tahui II. Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat! 1. Udin membawa kuas, cat air, dan kertas. Ia akan…………….. 2. Rama rajin menabung, berarti ia hidup……………………….. 3. Pak pos Setiap hari Kau antarkan … sampai tujuan Kata yang tepat untuk melengkapi bait puisi di atas……….... 4. Alzam rajin bermain catur. Antonim kata rajin pada kalimat di atas adalah……………… 5. Judul puisi yang tepat untuk gambar di samping adalah ……………………………… DAFTAR PUSTAKA Rusmiyati,dkk.2004.Bahasaku Bahasa Indonesia 1,2,3,4,5 dan 6. Jakarta; Bumi Aksara Eny, Sumardi, W.Endah, W.Budi,Idawati.2009.Bahasa Indonesia Kelas 3.Solo;Cv. Sindunata Romiyatun,Ismoyo.2006.Aku Bangga Bahasa Indonesia.Depdiknas www.google.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar